Perubahan iklim, atau lebih umumnya kerusakan alam adalah salah satu isu penting sekaligus masalah umat manusia hari ini yang sering disampaikan oleh Yuval Noah Harrari dalam buku dan berbagai kesempatan dalam ceramah dan diskusinya.

Penulis “Sapiens” (buku sejarah yang sedang hits belakang ini) tersebut juga menekankan bahwa persoalan ini tidak bisa diselesaikan dalam wilayah-wilayah tertentu saja. masalah kerusakann alam merupakan masalah global yang musti ditangani bersama-sama oleh warga dunia.

Itu artinya, setiap perorangan maupun kelompok, institusi swasta maupun pemerintah, yang bergerak dalam aksi nyata di bidang ini adalah bagian dari warga dunia yang musti kita apresiasi dan dukung. Salah satu dari kelompok itu adalah kawan-kawan di balik akun instagram @savesanggabuana yang

Halo. Mau tanya-tanya sedikit boleh yaaa min.  Jadi Save Sanggabuana ini apaan sih min?

savesanggabuana

Jadi kami @savesanggabuana ini corong media dari Ekspedisi Pecinta Alam Menjemput Harimau Jawa di Pegunungan Sanggabuana. Kami adalah media campaign untuk penyelamatan dan perlindungan hutan pegunungan Sanggabuana Karawang yang seperti yang banyak orang tahu sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Salah satunya ya menurunnya jumlah keberadaan Harimau Jawa atau Panthera Tigris Sondaica.

Jadi kenapa Ekspedisi Harimau Jawa terasa penting untuk teman-teman?

savesanggabuana

Harimau Jawa atau Panthera Tigris Sondaica pd tahun 1973 dinyatakan telah punah oleh IUCN, lalu diperkuat oleh WWF pd tahun 1996. Status punahnya Harimau Jawa menandakan, bukan saja sang raja rimba kehilangan perlindungannya, tapi juga betapa rusaknya habitat mereka. Sayangnya dalam undang-undang di Indonesia tidak ada peraturan tegas yang melindungi hewan punah.

Meski dilaporkan punah, kami percaya bahwa masih ada tanda-tanda keberadaan Harimau Jawa, dari cerita masyarakat pinggiran hutan di pulau jawa. Maka dari itu kami mau memastikan kemudian menjemput harimau Jawa dari status kepunahan, dengan mendata dan menemukan keberadaannya kami ingin menyampaikan pd dunia bahwa sang raja rimba masih berkeliaran d hutan-hutan pulau jawa, dan mereka harus dilindungi beserta habitatnya..

Jadi teman-teman yakin kalau Harimau Jawa masih ada di sekitar Sanggabuana, meski sudah dinyatakan punah?

savesanggabuana

Ini bukan masalah yakin atau tidak yakin, ada atau tidak ada sobat. Tapi ini masalah perlindungan hutan di pulau jawa. Karena ketika pernyataan punah Harimau Jawa keluar ternyata berbarengan dengan habitat sang raja rimba yang berubah fungsinya. Taman-taman nasional yang dulunya berfungsi menjaga keberadaan Harimau Jawa, sekarang ini secara masif terus terkikis dan beralih fungsi. Karena itulah kami tidak tinggal diam saja. Kami harus melawan… dengan cara apa? Salah satunya menjemput harimau Jawa dr kepunahan dan menekan yang berwenang untuk mengambalikan fungsi hutan tersebut sebagai habitat harimau jawa.

Tepatnya apa saja yang dilakukan kawan-kawan dalam ekspedisi tersebut?

savesanggabuana

Iya itu tadi. Kami ingin menaikkan status hutan pegunungan Sanggabuana yg tersisa minimal nya menjadi suaka margasatwa, maksimalnya taman nasional. Sehingga dilindungi oleh undang-undang.

Dalam Ekspedisi Pecinta Alam Menjemput Harimau Jawa di Pegunungan Sanggabuana yg masuk dalam empat Kabupaten (Karawang, Bogor, Cianjur dan Purwakarta) kami akan mendata flora dan fauna yang ada di hutan pegunungan Sanggabuana. Jadi tidak hanya mencari jejak harimau jawa, komponen penyangga habitatnya juga kami data. Hasil dari pendataan tersebut akan kami audiensikan dengan bupati di empat Kabupaten tadi. Lalu mengajukan ke provinsi Jawa Barat. Baru mendorong ke kementerian untuk menaikkan status hutannya. Begitulah gambaran besarnya.

Hmmm… Jadi ujung dari ikhtiyar ini adalah kebijakan yang pro-lingkungan ya. Sudah berapa volunteer yang mendaftar ikut ekspedisi?

savesanggabuana

Betul sekali. Untuk saat ini kan status Sanggabuana aladah hutan produksi sobat. Status ini membuat Sanggabuana memiliki perlindungan yang paling minim dari beberapa status hutan yang lain. Kami ingin terus menambah perkawanan.

Sudah beberapa hari pendaftaran d buka. Ada 10 orang lebih yang mendaftar sobat. Semoga semakin banyak yang bergerak bersama untuk perlindungan Sanggabuana.

Kalau seandainya kawan-kawan lain ingin berkontribusi. Tapi tak punya waktu ikut ekspedisi gimana dong? Seperti kami nih… Mimin-mimin nyimpang ini kan payah mendaki.. Wkwk

savesanggabuana

Ahaha sebenarnya semua bisa ikut bergerak bersama. Misalnya dengan menyumbang sebagai pembeli marchendise (dengan sistem pre-order). Hasil penjualan marchendise ini untuk kebutuhan operasional kami nanti di lapangan sobat. Atau sobat nanti bisa mampir k basecamp xpdc saat kegiatan berlangsung pd 17-24 Juni sambil bawa beberapa logistik untuk kita santap bersama dan diskusi hasil temuan d lapangan. Pokoknya semua bisa berkontribusi untuk Sanggabuana sobat 🙌 apapun bisa dilakukan dan bisa ikut bersama.

Wah mantap. Sejak kapan ikhtiyar ini dimulai? Siapa saja yang menginisiasi gerakan ini?

savesanggabuana

Untuk di Sanggabuana pencarian jejak harimau jawa ini baru tahun ini. Tapi pendataan flora dan fauna Sanggabuana sudah sejak lama oleh berbagai organisasi.

Semantara khusus untuk pencarian Harimau Jawa d Indonesia sudah sejak 1997. Untuk di Sanggabuana inisiasi dilakukan oleh banyak pecinta alam di Karawang, Bekasi, Purwakarta, Cianjur dan Bogor. Kami bergerak bersama-sama untuk hutan kami.

Apa ada institusi pemerintahan dan NGO swasta yang terlibat membantu?

savesanggabuana

Krn kita berafiliasi dengan ekspedisi TNUK (Ujungkulon) maka secara otomatis kita juga disupport beberapa NGO seperti Astacala Foundation, Peduli Karnivora Jawa, Kapala, Taman Nasional Ujungkulon (TNUK), serta Dirjen KSDAE KLHK.

Untuk Sanggabuana sendiri kita sdang dalam proses kesepakatan dengan NGO tersebut, Namun direncanakan kedepannya akan dilaksanakan untuk membantu birokrasi.. Sementara untuk instansi pemerintah kita berencana kerjasama dengan BKSDA Jawa Barat, KPH Purwakarta (Perhutani) dan OPD di 4 Kabupaten untuk menggolkan tujuan besarnya sobat.

Wah. Semoga lancar yaa. Btw informasikan dong form pendaftara, atau link donasi, dan toko merchandisnya.

savesanggabuana

Iya sobat. Silakan memesan lewat akun-akun media sosial kami atau hubungi no yang tertera sobat.

Untuk akun resmi instagram kami @savesanggabuana atau klik [di sini]

Untuk mendaftarkan diri sebagai relawan ekspedisi silakan klik [di sini]

Untuk donasi di kitabisa.com silakan klik [di sini]

Hosting Unlimited Indonesia