Yayu NH

Avatar
15 POSTS 0 COMMENTS
Penulis adalah perempuan biasa yang menemukan Komunitas Swara Saudari sebagai wujud kepedulian terhadap isu-isu perempuan. Senang menjadi fasilitator Kelas diskusi dan sesekali menulis berbagai isu gender di beberapa media online. Selalu ingin disapa duluan, silakan coba di akun twitter @owyaaay sampai jumpa di sana, ya.
Mungkinkah kekerasan seksual yang sudah berubah menjadi ‘budaya perkosaan’ ini bisa dihentikan?
Cerpen Yayu Nurhasanah
Ringkasnya itu diskusi yang sia-sia dan kontra produktif.
Ribet amat sih. Kumadinyawelah~
“Cewek tuh nggak cocok jadi pemimpin, soalnya baperan dan moody. Jadi nggak lucu aja pas ngambil keputusan tergantung suasana hati.” Kalimat itu yang saya dengar ketika mencalonkan diri menjadi ketua OSIS SMA. Sebagai calon ketua yang satu-satunya berjenis kelamin perempuan di antara calon lainnya. Hal-hal yang bersifat seksis lainnya juga...
Perkenalkan, saya adalah mahasiswi salah satu perguruan tinggi sekolah tinggi agama Islam di kabupaten Purwakarta. Di kota ini, teman-teman semua mesti tahu kalau sekolah tinggi agama lebih menguasai jagat perkuliahan, dibanding kampus jenis lainnya.  Hal ini barangakali karena dilatarbelakangi banyaknya pesantren yang ada di Purwakarta. Kemungkinan lainnya adalah, karena pemerintah...

Cantik itu Luka

"Jogging sana, biar kurus!"; "Kulit kamu kok item, ras mana nih?"; "Cantik deh kamu. Sering wudhu ya?". Sebagai perempuan sering saya mendengar hal-hal seperti itu. Bahkan tak jarang dari mulut kaum perempuan sendiri. Narasi keindahan memang tak pernah cukup memuaskan hasrat manusia. Definisi cantik menjadi terstandardisasi dan terbatas sehingga, memicu...

TOA dan Pahala

Beberapa minggu yang lalu saya mengunjungi sebuah pondok pesantren untuk ikut bermalam. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan santri saat itu tidak berbeda dari pesantren pada umumnya. Namun, ada satu hal yang membuat saya bertanya-tanya; hubungan toa alias microphone dengan pahala. Hampir setiap sore, mesjid pesantren X ini selalu mengumandangkan pupujian atau syair-syair bahasa...

Topeng Pesta [Cerpen]

1996 Aku menyaksikan dahi perempuan kurus itu berdarah, mengucur deras berwarna merah gelap bercampur borok yang mengelupas. Kali ini, gelas yang ke tiga mendarat di bagian ubun-ubunnya. Ibu menangis sampai tersedak, sedangkan lelaki yang kupanggil  bapak itu masih memukuli ibu dengan binal. Berkali-kali ibu berteriak sambil menyebut “Gusti Allah…” suaranya...
"Tinggi rendahnya tingkat kemajuan suatu masyarakat, ditentukan oleh tinggi atau rendahnya kedudukan perempuan di masyarakat tersebut." -Charles Fourrier Pilkada telah usai, ingar-bingar kampanye berganti dengan jenis ingar-bingar yang lain. Yang menang  merayakan, yang kalah jelas beda-beda ekspresinya, ada yang menggoyang isu baru untuk si pemenang, ada juga yang berlapang dada(atau...
Lima menit untuk lima tahun, begitu kira-kira judul lagu yang dibawakan oleh grup band kondang “Coklat”. Walaupun di dalam kotak suara tidak mungkin selama itu, tapi minimal itu adalah sebuah gambaran betapa pentingnya peran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu di daerahnya masing-masing. Di masa-masa seperti ini banyak hal...
Akhir-akhir ini, netizen kita di instagram ramai dengan kasus sexual harrasment yang menimpa penyanyi dangdut koplo idola bangsa. Siapa lagi kalau bukan Via Vallen. Kemarin lusa Via memosting screenshoot DM yang tidak menyenangkan hati di InstaStory-nya. Isi DM itu, terlepas dari bercanda atau cuma iseng-iseng berharap ada hadiahnya, si pengirim...

TERPOPULER

SEMINGGU