Kalian Urang Purwakarta atau yang kebetulan lagi singgah atau berkunjung ke Purwakarta. Bingung ke mana tempat yang enak buat foto-foto. Bosen dong masa akhir pekan cuma mager dan tiduran di kosan. Pengen jalan-jalan tapi ke mana ya? ke sini nih!

Malam Mingguan di Taman Air Mancur Sribaduga

Taman air mancur ini udah terkenal ke mana-mana. Ke mana emangnya? ya jauh pokoknya. Taman Air Mancur Sribaduga ini disebut-sebut sejajar dengan Time of wings di Singapura. Peresmiannya pun sampai dua kali. Jadi, kalau ingin berkunjung ke sini tuh disarankan mengatur waktu. Untuk pertujunkkan air mancurnya setiap sabtu malam mulai 19:30 WIB dan selesai sampai 22:30 WIB. Jadi untuk meminalisir antrean, bakal lebih enak kalau datang dari sore. Biar bisa lebih santai dan nanti tinggal masuk dan malam mingguan deh lihat air menari-nari warna-warni. hehe

Selain untuk pertunjukkan air mancur, taman sribaduga juga dibuka setiap hari dari jam 06:00 sampai jam 09:00 pagi dan jam 16:00 sampai 20:00 untuk yang ingin berolahraga atau menikmati udara di sekitar taman.

Hidden Valley Hills Cibodas

Wisata yang terletak di desa Cibodas yang terbilang baru ini disebut sebagai Negeri Dongeng di Atas Awan. Lokasinya terletak kurang lebih 2 km dari Jalan Raya Purwakarta-Bandung. Kalau buat yang suka selfie nggak usah ditanya lagi, bagus banget pemandangannya. Kalian bisa melihat gunung Parang, Gunung Cupu dan Gunung Lembu. Karena tempatnya berada di ketinggian 333 mdpl.

Selain foto bisa apa aja sih di sana? ada Resort, meeting room serta outdor event.

Niis di Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan atau yang biasa disebut Ujung Aspal ini adalah tempat wisata yang menawarkan hutan-hutan pinus dan area outbond, kemah dan tracking. Ada juga air terjun yang terletak tidak terlalu jauh dari area kemah. Selain itu juga tak jauh dari sana ada Goa Jepang dan Belanda. Goa yang dibangun pada tahun 1942.

Bagi yang mau niis atau ngadem dari kesumpekan dan lari sejenak dari rutunitas kerja, Ujung Aspal ini cocoklah.

Berenang di Giri Tirta Kahuripan


Buat yang pengen berenang-renang dan main air dengan pemandangan yang bagus. ke sinilah enaknya. Lokasinya berada di Desa Taringgul Tonggol, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta. Kalaupun kalian gak bisa berenang, bisa kok cuma numpang selfie aja atau liatin orang lain main air. Soalnya pemandangannya bagus banget. hehe

Naik Gunung Lembu


Terletak di desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, Gunung Lembu adalah salah satu tempat pendakian yang cukup favorit di Purwakarta. Dari puncak gunung Lembu, kita bisa menikmati keindahan waduk jatiluhur dari ketinggian. Selain itu trek menuju puncaknya tidak terlalu sulit. Jadi kalau pun kalian bukan anak pecinta alam bisa mencoba dengan menaklukkan gunung ini.

Spot paling bagus ada di batu besar. Kalian jika datang malem-malem bisa tiduran di sana sambil liat kerlap-kerlip kota Purwakarta dan Hamparan bendungan Jatiluhur. Ya, jangan lupa kalau mau nginep di sana bawa sleepingbag, biar nggak kedinginan. Kan gak seru kalau nantinya kalian malah pusing karena masuk angin. hehe

Nah itulah rekomendasi dari saya. Tentunya masih banyak tempat wisata di Purwakarta yang lainnya. Mungkin lain waktu akan saya bagikan lagi. Selamat akhir pekan, Guys. Jangan lupa senyum, kan mau piknik.

Profil Penulis

Ade Gunawan
Ade Gunawan
Pustakawan Pustakaki. Sangat menggemari baca buku puisi.