Kali ini saya mau merekomendasikan 5 film bagi yang suka puisi atau terobsesi ingin jadi penyair. Film ini cocok banget buat kalian yang lagi lesu semangat menulisnya. Menonton film ini bisa membangkitkan semangat lagi. kalau memang nggak semangat lagi barangkali ada yang salah dengan keinginan kalian mau menjadi penulis atau penyair.


1. Paterson (2016)

Film yang disutradarai oleh Jim Jarmusch ini bercerita tentang  kehidupan satu minggu seorang pengemudi bus bernama Paterson di kota Paterson, New Jersey yang suka menulis puisi di waktu senggangnya. Laura adalah istri Paterson yang gemar sekali mencoba hal-hal baru termasuk mengganti menu makan malam untuk suaminya. Paterson menjalani rutinitasnya dari bangun pagi pukul enam lewat lima belas, pergi mandi, berangkat kerja, pulang kerja, dan setiap malam membawa anjingnya keluar menuju pub. Film ini mengajarkan bahwa kita bisa menulis sebuah puisi dari apa saja yang kita lihat sehari-hari seperti tentang Bluehole, nama korek api yang disebutkan dalam film ini. Alur film ini memang terasa lambat dan idenya pun sangat sederhana tetapi di sanalah keistimewaannya.


2. Neruda (2016)

Neruda adalah sebuah film drama biografi yang digarap oleh Pablo Larraín. Film ini akan menceritakan tentang seorang Inspektur yang memburu Pablo Neruda (diperankan Luis Gnecco), adalah nama samaran penulis Chili, Ricardo Eliecer Neftalí Reyes Basoalto. Neruda yang dianggap sebagai salah satu penyair berbahasa Spanyol terbesar pada abad ke-20, adalah seorang penulis yang produktif. Pada 1971, Neruda dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Sastra. Neruda menjadi seorang buronan di negara asalnya pada akhir tahun 1940-an untuk bergabung dengan sebuah Partai Komunis.

3. Dead Poets Society (1989)

Bercerita tentang seorang pengajar bahasa Inggris di sebuah sekolah khusus laki-laki pada 1950-an, Mr. Keating, yang memberi inspirasi muridnya untuk selalu membuat perubahan dalam hidup mereka dan mengajak mereka tertarik puisi.

 Murid yang tertarik dengan Mr. Keating mencari tahu soal kelompok Dead Poets Society dan mulai melakukan pertemuan rahasia.

4. The Kindergarten Teacher (2018)

Lisa Spinelli, seorang guru yang terobsesi pada seorang anak usia 5 tahun yang memiliki bakat kepenyairan yang luar biasa di kelasnya. Lisa mengikuti kelas menulis puisi, tapi apa yang ia tulis sama kali tidak menarik. Ketika Jimmy Roy, murid di kelasnya itu membacakan puisinya, ia langsung mencatat apa yang dibacakan Jimmy. Saat di kelas puisi, Lisa membacakan puisi Jimmy. Puisi itu mendapat sambutan hangat dan pujian dari guru dan teman-temannya. Semakin hari Lisa semakin terobsesi dengan Jimmy serta bakat yang dimilikinya, sampai berani membawa Jimmy ke acara pertemuan para penyair supaya Jimmy membacakan puisinya meski Ayah Jimmy tidak mengizinkan membawanya pergi. Lisa sampai mempertaruhkan karier, keluarga serta kebebasannya.

5. Ada Apa Dengan Cinta (2002)

siapa yang tak tahu dengan Cinta atau Rangga? mereka adalah ikon anak muda pada tahun 2000-an. film ini bercerita soal Cinta, si ketua mading SMA, selalu menghabiskan waktu bersama empat sahabatnya. Namun hari-harinya tiba-tiba berubah jadi tak terduga sejak cowok menyebalkan bernama Rangga memasuki hidupnya. Rangga siswa SMA yang ke mana-mana membawa bukunya Aku karya Sjuman Djaya. Pada sebuah lomba puisi di sekolah tanpa sepengetahuan Rangga menjadi juara. hal itu yang membuat Cinta jadi marah. dari sanalah keseruannya dimulai.

Itulah 5 film yang bisa saya rekomendasikan. sebagai bagian akhir dari tulisan ini saya akan mengutip kutipan dari film Dead Poets Society,

“ We don’t write and read poetry because it’s cute. We read and write poetry because we are members of the human race. And the human race is filled with passion”.

Selamat menonton wahai para jomlo dan pembaca yang kesepian. Hehe~

Profil Penulis

Ade Gunawan
Ade Gunawan
Pustakawan Pustakaki. Sangat menggemari baca buku puisi.