Film

Beginners dan Para Tokohnya yang Artsy

beginners-57002c5ed480e

Ayahmu adalah direktur sebuah museum. Sementara ibumu, selain seorang ibu rumah tangga yang baik, adalah juga seseorang yang membesarkanmu dengan cukup eksentrik. Dapatkah kamu menebak bagaimana pribadimu dengan kedua orang tua seperti itu?

Oliver Fields, yang diperankan oleh Ewan McGregor, tidak lain adalah ‘kamu’ yang aku maksud. Pada tahun 2003 saat usianya 38, ia telah bekerja sebagai desainer grafis dalam sebuah label musik pop di Los Angeles.  Pekerjaannya membuatkan cover album bagi band-band indie. Kadang-kadang ia harus kecewa karena idenya tidak cocok dengan pelanggan, para musikus itu. Tapi mau bagaimana lagi, ia dalam kasus ini bukan seniman yang bebas membuat karya sesuai keinginannya. Oliver adalah kaki tangan perusahaan jasa yang dibayar untuk memenuhi keinginan pelanggannya.

Beginners, sesuai judulnya, adalah film tentang bagaimana seseorang memulai kembali hidupnya yang berantakan. Apakah yang dimaksud adalah hidup Oliver? Tentu saja. Memangnya apa masalah dia?

Ibu Oliver baru saja meninggal. Lalu tidak lama setelah itu, ayahnya yang bernama Hal -diperankan oleh Christoper Plummer- didiagnosa terkena kanker. Usianya memang sudah tua. Oliver sangat menyayangi Hal dan film ini meskipun masuk dalam genre drama, jauh dari kesan kisah tragis tentang anak yang kehilangan ibu dan bapaknya. Aku sendiri, yang memang cengeng ini, tidak menangis sama sekali saat nonton. Justru malah lebih sering tertawa. Sebabnya karena memang si bapak tua Hal adalah orang yang lucu. Nggak salah kalau Oscar menobatkan Christoper Plummer sebagai Best Supporting Actor berkat aktingnya di film ini.

beginners_0602
Hal dan Oliver suka belanja buku

Yang jadi masalah adalah Hal akhirnya mengaku secara terang-terangan kepada Oliver bahwa ia seorang gay. Oliver tidak marah. Ia, dengan cintanya yang besar sebagai seorang anak, belajar memahami preferensi seksual ayahnya. Termasuk ketika akhirnya, Hal punya kekasih baru, pria tampan bernama Andy. Malah, pada masa ini lah, Oliver menyaksikan sendiri kebahagiaan sepasang kekasih yang saling mencintai. Oliver sudah lama tidak melihat ayahnya kasmaran. Ayah dan ibu Oliver menjalani rumah tangganya dengan dingin. Oliver kecil jarang bermain dengan ayahnya. Ia hampir selalu menghabiskan waktu bersama ibunya yang bernama Georgia. Oliver tumbuh dalam relasi keluarga yang timpang dan akhirnya ini membuat Oliver bermasalah dengan hubungan asmara. Saat usianya telah mencapai 38 tahun, ia bertahan sebagai seseorang yang kesepian. Menghabiskan harinya hanya untuk bekerja lalu pulang dan bermesraan dengan Jack Rusell, anjingnya yang juga introvert dan sangat loyal. Masalah mulai bertambah saat Oliver jatuh cinta dengan Anna, seorang aktris yang juga punya masalah dengan hubungan asmara. Kemudian jadi agak sedikit rumit saat hubungannya dengan Anna tersendat-sendat dan pada saat yang hampir bersamaan, ayahnya meninggal.

beginners 2
Oliver sering ngobrol dengan anjing kesayangannya dan anjingnya juga mendengarkan

Ibarat sebuah kado, sutradara film ini, Mike Mills membungkus Beginners sebagai coklat yang dibungkus kertas kado yang nyentrik. Bagaimana tidak? Hampir semua tokoh dalam film ini punya karakter dan masalah yang unik. Mulai dari Oliver yang diam-diam menyusun antologi ilustrasi berjudul The History of Sadness sampai anjingnya yang sangat penurut dan membikin siapa saja gemas. Belum lagi cara Mike Mills menarasikan latar waktu cerita. Film ini berjalan pada tahun 2003 dan kamu tahu bagaimana ia menggambarkan 2003? Dengan memberikan sejumlah foto.

Melihat foto presiden Amerika saat itu, foto binatang peliharaan, foto stereotip perempuan cantik dan laki-laki tampan, dan banyak yang lain, penonton jadi punya gambaran bagaimana situasi yang saat itu sedang merundung para tokoh. Hal semacam ini membuat aku sebagai penonton, jadi punya kesadaran kecil bahwa keputusan atau sikap seseorang bukan lahir dari narasi tunggal. Ada latar belakang sosial, budaya, dan politik yang berkelindan satu sama lain. Hal misalnya, memilih untuk menikahi perempuan dan mati-matian menolak preferensi seksualnya sebagai seorang gay karena di masa itu, publik menganggap hubungan sesama jenis adalah sebuah penyakit. Ia akhirnya harus bertahan selama 44 tahun mencumbu seorang perempuan dan apa yang terjadi? Aku sudah menyebutnya di atas. Georgia pun begitu, ia menikah dengan Hal karena dirinya adalah imigran dari Jerman, seorang Yahudi yang hidup pada jaman Nazi dan datang ke Amerika agar bisa lari dari brutalnya pemerintahan Hitler.

beg 1
Anna pacarnya Oliver. By the way ini posisi paling enak memeluk pacar kalau doi lagi banyak masalah.

Selain para tokohnya, Beginners juga menawarkan banyak pengalaman artsy yang sayang buat dilewatkan. Misalnya ketika Oliver datang ke sebuah pesta kostum sebagai Sigmun Freud dan bertemu Anna yang sedang jadi pasiennya atau saat Oliver mengendap-endap naik ke atas gedung buat mencorat-coret papan iklan yang sangat besar.

You make me laugh but it’s not funny,” coretnya. Membikin aku mikir, wah aku sering nih kayak gini, terus kenapa ya aku ketawa?

Manis, kontemplatif, dan tetap cool, Beginners bisa jadi movie yang cocok ditonton saat lagi capek dan butuh dopamin.

Profil Penulis

Ruhaeni Intan
Ruhaeni IntanPelamun parah.
Kerja di museum, senang kucing, dan bisa diajak ngopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *